latihan soal grafik komputer

Posted: Desember 10, 2012 in Uncategorized
  1. Grafika, Jelaskan fungsi digunakan dalam profesi IT
  2. Jabarkan tools yang digunakan dalam pengolahan Grafika
  3. OPENGL, Apa yang kalian ketahui dengan hal tsb
  4. RESOLUSI, Jabarkan dan posisikan anda dalam pembangunan system. Apa yang diperlukan pengetahuan tersebut
  5. Deskripsikan Kurva dalam bentuk parametrik.
  6. Warna dalam perspektif mata, jelaskan.

 

 

Selamat Mengerjakan.

 

 

Jawaban :

 

  1. Fungsi grafika dalam profesi IT adalah :
  • Grafika banyak berungsi dalam pembuatan grafik, peta dan kreasi dalam visualisasi
  • Dalam geometri berguna dalam penggambaran sebuah bidang permukan bidang seperti pembuatan peta.
  • Dalam animasi berguna dalam memanipulasi gerakan seperti pembuatan motion graphic / motion capture.
  • Dalam rendering berguna dalam menampilkan efek cahaya sehingga dapat memanipulasi dalam fotografi
  • Dalam citra/imaging berguna dalam penyuntingan gambar.

 

  1. A) Aplikasi Pengola tata letak (layout)

Program ini berguna mengatur penempatan teks dan gambar, berguna untuk pembuatan pamphlet, brosur, poster, undangan, dan lain lain.

Contoh : Adobe in design, Adobe Frame Maker, Ms publisher, corel ventura, dan sebagainya.

 

B) Aplikasi pengolah vector/ garis

Program ini berguna membuat gambar dalam bentuk vector, seluruh objek yang dihasilkan berupa kumpulan ganjil.

Contoh : adobe illustrator, corel draw, inkspace, macromedia, freehand, dan sebagainya.

 

C) Aplikasi pengolah pixel/Gambar

Program ini berguna untuk mengolah gambar/ manipulasi foto, objek yang diolah berupa kumpulan titik/pixel.

Contoh : Adobe Photoshop, corel photopaint, gimp, pixelmation, ms. Photo editor, dan sebagainya.

 

D) Aplikasi Pengolah film/video

Program ini berguna untuk mengolah film

Contoh : Adobe After Effect, Power director, showbiz dvd, ulead video studio, dan sebagainya.

 

 

E) Aplikasi Pengolah Multimedia

Biasa digunakan untuk membuat bentuk multimedia sejenis promosi/iklan, profit perusahaan.

Contoh : macromedia flash, builder, dan sebagainya.

 

F)Aplikasi pengolah 3D

Biasa digunakan untuk membuat bentuk 3D atau animasi 3D

Contoh : Blender, 3D Max

 

 

  1. OpenGL (Open Graphics Library) adalah spesifikasi standar yang mendefinisikan sebuah lintas-bahasa, lintas platfrom API untuk mengembangkan aplikasi yang menghasilkan grafis komputer 2D maupun3D.

 

 

  1. Resolusi adalah Jumlah pixel / picture element yang tersusun dalam sebuah gambar digital. Resolusi ditentukan dengan jumlah dan kumpulan pixel membentuk gambar foto kuantitas dot/ titik dalam gambar sangat menetukan kualitas gambar.

 

 

5. Kurva parametrik didefinisikan oleh sebuah himpunan titik diskret yang dikenal sebagai titik kendali atau puncak kendali, bersama-sama dengan sebuah himpunan fungsi dasar atau campuran. Metode pemodelan yang diguanakan adalah kurva parametric. Dengan metode tersebut diperoleh fungsi garis-garis dimensi yang deskriptif pada semua titik.

 

6. Didalam prespektif mata terdapat

 

  1. Pembentukan Citra oleh Sensor Mata yang terdiri dari :

 

ü  Intensitas cahaya ditangkap oleh diagram iris dan diteruskan ke bagian retina mata.

ü  Bayangan obyek pada retina mata dibentuk dengan mengikuti konsep sistem optik dimana fokus lensa terletak antara retina dan lensa mata.

ü  Mata dan syaraf otak dapat menginterpretasi bayangan yang merupakan obyek pada posisi terbalik.

 

 

 

      b. Sistem visual manusia yg terdiri dari :

 

ü  Fovea di bagian retina terdiri dari dua jenis receptor:

ü  Sejumlah cone receptor, sensitif terhadap warna, visi cone disebut photocopic vision atau bright light vision.

ü  Sejumlah rod receptor, memberikan gambar keseluruhan pandangan dan sensitif terhadap iluminasi tingkat rendah, visi rod disebutscotopic vision atau dim-light vision.

ü  Blind Spot adalah bagian retina yang tidak mengandung receptor sehingga tidak dapat menerima dan menginterpretasi informasi

 

ü  Subjective brightness

ü  Merupakan tingkat kecemerlangan yang dapat ditangkap sistem visual manusia

ü  Merupakan fungsi logaritmik dari intensitascahaya yang masuk ke mata manusia

ü  Mempunyai daerah intensitas yang bergerak dari ambang scotopic (redup) ke photocopic (terang).

 

ü  Brightness adaption

ü  Merupakan fenomena penyesuaian mata manusia

ü  dalam membedakan gradasi tingkat kecemerlangan

ü  Batas daerah tingkat kecemerlangan yang mampudibedakan secara sekaligus oleh mata manusia lebih kecil dibandingkan dengan daerah tingkat kecemerlangan sebenarnya.

 

ü  Kubus Warna RGB

ü  Sistem Koordinat dengan R,G, B sebagai axes.

ü  Model Warna CMY

ü  Sistem Koordinat dengan C, M, Y sebagai axes,banyak digunakan untuk menggambarkan warna pada perangkat output hard-copy

ü  Grayscaleaxis runs from (0,0,0) to (1,1,1).

ü  Grayscaleaxis runs from (0,0,0) to (1,1,1).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s