KOMPUTASI MODERN HARDWARE DAN SOFTWARE

Posted: Juni 11, 2014 in Uncategorized

Software

Sudah Selama ribuan tahun, perhitungan dan komputasi umumnya dilakukan dengan menggunakan pena dan kertas, atau kapur dan batu tulis, atau dikerjakan secara mental, kadang-kadang dengan bantuan suatu tabel. Sebenarnya sudah lama komputasi modern ini di cetuskan dan tokoh di balik semua ini yaitu John Von Neumann, Beliau merupakan ilmuan besar saat ini. Beliaulah yang pertama kali menggagaskan konsep sebuah sistem yang menerima intruksi-intruksi dan menyimpannya dalam sebuah memory dan dikenal sebagai arsitektur komputer modern. Komputasi modern digunakan untuk memecahkan suatu masalah yang ada, perhitungan komputasi modern yaitu seperti :

  • Akurasi (bit, floating point)
  • Kecepatan (dalam satuan Hertz – Hz.)
  • Problem volume besar (paralel)
  • Modeling (NN dan GA), dan
  • Kompleksitas (menggunakan Teori Bog O)

 

Macam-macam komputasi modern terklasifikasi menjadi Mobile Computing, Grid Computing dan Cloud Cmputing. Berikut contoh penggunaan dan implementasi dari contoh komputer modern, dalam hal ini yaitu tentang Mobile Computing.

Mobile computing atau komputasi bergerak memiliki beberapa penjelasan, salah satunya komputasi bergerak merupakan kemajuan teknologi komputer sehingga dapat berkomunikasi menggunakan jaringan tanpa menggunakan kabel dan mudah dibawa atau berpindah tempat, tetapi berbeda dengan komputasi nirkabel. Contoh dari perangkat komputasi bergerak seperti GPS, juga tipe dari komputasi bergerak seperti smart phone, dan lain sebagainya. Implementasi Komputasi Modern dalam kehidupan sehari-hari diterapkan pada teknologi mobile computing yang salah satunya dengan menggunakan PDA (Personal Digital Assistant) dimana pertama kali diperkenalkan untuk menggantikan organizer konvensional (agenda). Kegunaan dahulu soal agenda adalah untuk mencatat semua jadwal aktivitas, nomor telepon atau untuk membantu sebagai alarm (pengingat) hal yang penting bagi mereka. Tetapi dengan bertambah pesat perkembangan teknologi maka dikenalkan PDA. Dalam Segi software (OS maupun aplikasinya) dan segi hardware (kecepatan prosesor, layar, memori yang besar) serta segi bentuk fisik yang semakin slim. Selain itu PDA juga telah ditambah berbagai fasilitas yang menarik seperti untuk membuat jaringan tanpa kabel (wireless), kemampuan untuk berfungsi sebagai Telepon Selular, maupun sebagai kamera digital. Dilihat dari kemampuan yang sangat luas dari sebuah PDA maka tidak menutup kemungkinan PDA akan menggantikan posisi notebook yang sangat besar dalam melakukan pekerjaan yang memerlukan komputer tetapi selalu berpindah-pindah (bersifat mobile).

Hardware

di jaman sekarang ini  banyak perusahaan dan developer berkreasi membuat suatu barang yang sangat digunakan untuk zaman modern saat ini. Dahulu hardware semacam komputer masih menggunakan layar tabung dan cpu yang berukuran besar dan masih menggunakan disket sebagai alat penyimpan file, sedangkan sekarang lebih canggih kembali seperti pc yang mulai tipis dan bisa berkomputasi dengan cepat dan yang dulu disket sekarang menjadi flash disk yang bisa lebih besar menyimpan setiap datanya seperti gambar dibawah ini

 

 

 

pasti   di generasi yang akan datang  masih akan  terus dikembangkan kembali hardware dan software yang ada saat ini dikarenakan perkembangan zaman dan pertumbuhan manusia yang begitu pesat memaksakan para pembuat hardware dan software untuk terus mengembangkan produk yang mereka buat agar sesuai dengan kebutuhan user pada masanya.

 

 

sumber :

http://andhiragumay.wordpress.com/2013/04/04/aplikasi-komputasi-modern/

http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_komputasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s